APA ITU HRIS Dan AIS ?

A. Human Resource Information System (HRIS)

Human Resource Information System (HRIS) adalah sebuah perangkat lunak atau solusi online untuk pemasukan (entri) data, pelacakan data , dan kebutuhan informasi dari departemen HRD/SDM, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam perusahaan.
HRIS biasanya dikemas dalam suatu data base. Terdapat atusan perusahaan yang menjual beragam pilihan perangkat lunak HRIS. Setiap HRIS memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Tentukan pilihan perangkat HRIS Anda dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan di perusahaan Anda.
Secara umum sebuah Human Resource Information Systems (HRIS) menyediakan berbagai fungsi, antara lain:
1.     Manajemen informasi karyawan
2.     Pelaporan dan analisa informasi karyawan
3.     Berhubungan dengan dokumen-dokumen perusahaan yang seperti buku pedoman karyawan, prosedur evakuasi darurat, dan pedoman keselamatan dan kesehatan kerja.
4.     Manfaat Administrasi Tunjangan (benefits) termasuk proses pendaftaran, perubahan status, dan pembaharuan informasi karyawan.
5.     Terintegrasi dengan sistem penggajian (payroll) dan perangkat lunak dalam perusahaan seperti keuangan dan sistem akuntansi.
6.      Manajemen pelamar kerja dan resumenya
HRIS berguna bagi perusahaan untuk :
1.     mencatat dan melacak kehadiran dan penggunaan PTO
2.     kenaikan gaji dan riwayat gaji (pengupahan) karyawan
3.     mengatur skala gaji dan jabatan
4.     rencana pengembangan kinerja,
5.     pelatihan yang diterima,
6.     tindakan disipliner yang diterima,
7.     informasi pribadi karyawan
8.     pengelolaan dan rencana suksesi karyawan kunci,
9.     identifikasi karyawan berpotensi tinggi
10. penelusuran pelamar kerja, wawancara dan seleksi
HRIS yang efektif memberikan informasi tentang apa saja yang dibutuhkan perusahaan untuk melacak dan menganalisis karyawan, mantan karyawan, dan pelamar kerja. Perusahaan Anda memerlukan sistim Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) yang luwes dan dapat dikustomisasi sesuai perkembangan dan kebutuhan perusahaan.
Dengan HRIS yang tepat, staf Sumber Daya Manusia memungkinkan karyawan untuk melakukan pembaruan data mereka sendiri dan perubahan alamat, sehingga membebaskan staf HR untuk lebih fungsi-fungsi strategis. Fungsi ini biasanya dikenal dengan Employee Self Service (ESS)
Selain itu, data yang diperlukan untuk pengelolaan karyawan, pengembangan pengetahuan, pertumbuhan dan pengembangan karir, dan perlakuan yang setara dapat difasilitasi oleh sistem HRIS.
Akhirnya, para manajer dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk secara legal, etis, dan efektif dapat mendukung keberhasilan karyawan yang menjadi anak buah mereka.
Berbagai fungsionalitas serta fleksibilitas dalam hal kustomisasi telah dikemas secara lengkap dalam OrangeHRM. Berbagai kemudahan dan kegunaannya dapat Anda jumpai dalam software HRIS yang manis ini.

B. Accounting Information System (AIS)

Accounting Information System merupakan sebuah sistem yang akan memproses dan mengolah inputan data transaksi menjadi sebuah informasi keuangan yang merupakan output dari Accounting Information System. Transaksi yang diolah dalam Accounting Information System beberapa di antaranya :

1.   Penjualan produk atau jasa dari customer
2.   Pembelian bahan baku kepada supplier
3.   Penerimaan kas dari customer
4.   Pengeluaran kas kepada supplier
5.   Pengeluaran kas untuk sistem payroll

Informasi yang dihasilkan dari transaksi tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam memecahkan permasalahan, serta meraih goals dan opportunities dalam perusahaan. Informasi tersebut nantinya juga dapat diolah menjadi knowledge yang akan berguna dalam decision making, serta dapat mengatasi permasalahan dalam bisnis, atau untuk keperluan strategic perusahaan. Untuk melakukannya, sebuah sistem informasi akuntansi akan membutuhkan berbagai resource seperti people, process, dan technology. People merupakan orang yang mengolah data atau menerima informasi, sedangkan proses merupakan prosedur dalam business process yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan dalam perusahaan, dan technology merupakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk dapat mengolah data menjadi informasi (seperti misalnya hardware, software, dan network).
Untuk dapat membangun sebuah accounting information system, seseorang memiliki skill dan kompetensi dalam hal business, technology, accounting, dan interpersonal. Untuk itu, mahasiswa Accounting Information System akan dibekali mata kuliah yang terkait dengan empat kompetensi tersebut. Mata kuliah yang terkait dengan business, beberapa di antaranya : Information and Business Process, Introduction to Management and Business. Mata kuliah yang terkait dengan technology, beberapa di antaranya : Computer Network, Programming, Algorithm, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi. Mata kuliah yang terkait dengan accounting, beberapa di antaranya : Accounting Principles. Mata kuliah yang terkait dengan kemampuan interpersonal, seperti mata kuliah Character Building. Untuk itu, jurusan Accounting Information System yang ada di School of IS senantiasa melakukan continuous improvement pada kurikulum serta mata kuliah yang ada dengan harapan untuk mempersiapkan lulusan agar dapat menjadi seorang lulusan Binusian yang smart and good yang siap bekerja di perusahaan nasional maupun perusahaan multinasional. Lulusan Accounting Information System dapat menjadi :

(1) AIS Analyst yang akan bertanggung jawab dan terlibat dalam project system development.
(2) AIS Consultant yang akan memberikan konsultasi kepada pengguna teknologi informasi/komputer di bidang akuntansi
(3) IS/IT Auditor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar