A. Human Resource Information System (HRIS)
Human Resource Information System (HRIS) adalah sebuah perangkat
lunak atau solusi online untuk pemasukan (entri) data, pelacakan data , dan
kebutuhan informasi dari departemen HRD/SDM, penggajian, manajemen, dan fungsi
akuntansi dalam perusahaan.
HRIS biasanya dikemas dalam suatu data
base. Terdapat atusan perusahaan yang menjual beragam pilihan perangkat lunak
HRIS. Setiap HRIS memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Tentukan pilihan
perangkat HRIS Anda dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan di perusahaan
Anda.
Secara umum sebuah Human Resource
Information Systems (HRIS) menyediakan berbagai fungsi, antara lain:
1. Manajemen informasi karyawan
2. Pelaporan dan analisa informasi karyawan
3. Berhubungan dengan dokumen-dokumen
perusahaan yang seperti buku pedoman karyawan, prosedur evakuasi darurat, dan
pedoman keselamatan dan kesehatan kerja.
4. Manfaat Administrasi Tunjangan (benefits)
termasuk proses pendaftaran, perubahan status, dan pembaharuan informasi
karyawan.
5. Terintegrasi dengan sistem penggajian
(payroll) dan perangkat lunak dalam perusahaan seperti keuangan dan sistem
akuntansi.
6. Manajemen pelamar kerja dan resumenya
HRIS berguna bagi perusahaan untuk :
1. mencatat dan melacak kehadiran dan
penggunaan PTO
2. kenaikan gaji dan riwayat gaji (pengupahan)
karyawan
3. mengatur skala gaji dan jabatan
4. rencana pengembangan kinerja,
5. pelatihan yang diterima,
6. tindakan disipliner yang diterima,
7. informasi pribadi karyawan
8. pengelolaan dan rencana suksesi karyawan
kunci,
9. identifikasi karyawan berpotensi tinggi
10. penelusuran pelamar kerja, wawancara dan
seleksi
HRIS yang efektif memberikan informasi
tentang apa saja yang dibutuhkan perusahaan untuk melacak dan menganalisis
karyawan, mantan karyawan, dan pelamar kerja. Perusahaan Anda memerlukan sistim
Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) yang luwes dan dapat dikustomisasi sesuai
perkembangan dan kebutuhan perusahaan.
Dengan HRIS yang tepat, staf Sumber Daya
Manusia memungkinkan karyawan untuk melakukan pembaruan data mereka sendiri dan
perubahan alamat, sehingga membebaskan staf HR untuk lebih fungsi-fungsi
strategis. Fungsi ini biasanya dikenal dengan Employee Self Service (ESS)
Selain itu, data yang diperlukan untuk
pengelolaan karyawan, pengembangan pengetahuan, pertumbuhan dan pengembangan
karir, dan perlakuan yang setara dapat difasilitasi oleh sistem HRIS.
Akhirnya, para manajer dapat mengakses
informasi yang mereka butuhkan untuk secara legal, etis, dan efektif dapat
mendukung keberhasilan karyawan yang menjadi anak buah mereka.
Berbagai fungsionalitas serta
fleksibilitas dalam hal kustomisasi telah dikemas secara lengkap dalam
OrangeHRM. Berbagai kemudahan dan kegunaannya dapat Anda jumpai dalam software
HRIS yang manis ini.
B. Accounting Information System (AIS)
Accounting Information System merupakan sebuah sistem
yang akan memproses dan mengolah inputan data transaksi menjadi sebuah
informasi keuangan yang merupakan output dari Accounting Information System.
Transaksi yang diolah dalam Accounting Information System beberapa di antaranya
:
1.
Penjualan produk atau jasa dari customer
2.
Pembelian bahan baku kepada supplier
3.
Penerimaan kas dari customer
4.
Pengeluaran kas kepada supplier
5.
Pengeluaran kas untuk sistem payroll
Informasi yang dihasilkan dari transaksi tersebut
merupakan bagian yang sangat penting dalam memecahkan permasalahan, serta
meraih goals dan opportunities dalam perusahaan. Informasi tersebut nantinya
juga dapat diolah menjadi knowledge yang akan berguna dalam decision making,
serta dapat mengatasi permasalahan dalam bisnis, atau untuk keperluan strategic
perusahaan. Untuk melakukannya, sebuah sistem informasi akuntansi akan
membutuhkan berbagai resource seperti people, process, dan technology. People
merupakan orang yang mengolah data atau menerima informasi, sedangkan proses
merupakan prosedur dalam business process yang dibutuhkan untuk menjalankan
kegiatan dalam perusahaan, dan technology merupakan infrastruktur yang
dibutuhkan untuk dapat mengolah data menjadi informasi (seperti misalnya hardware,
software, dan network).
Untuk dapat membangun sebuah accounting information
system, seseorang memiliki skill dan kompetensi dalam hal business, technology,
accounting, dan interpersonal. Untuk itu, mahasiswa Accounting Information
System akan dibekali mata kuliah yang terkait dengan empat kompetensi tersebut.
Mata kuliah yang terkait dengan business, beberapa di antaranya : Information
and Business Process, Introduction to Management and Business. Mata kuliah yang
terkait dengan technology, beberapa di antaranya : Computer Network,
Programming, Algorithm, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi.
Mata kuliah yang terkait dengan accounting, beberapa di antaranya : Accounting
Principles. Mata kuliah yang terkait dengan kemampuan interpersonal, seperti
mata kuliah Character Building. Untuk itu, jurusan Accounting Information
System yang ada di School of IS senantiasa melakukan continuous improvement
pada kurikulum serta mata kuliah yang ada dengan harapan untuk mempersiapkan
lulusan agar dapat menjadi seorang lulusan Binusian yang smart and good yang
siap bekerja di perusahaan nasional maupun perusahaan multinasional. Lulusan
Accounting Information System dapat menjadi :
(1) AIS Analyst yang akan bertanggung jawab dan
terlibat dalam project system development.
(2) AIS Consultant yang akan memberikan konsultasi
kepada pengguna teknologi informasi/komputer di bidang akuntansi
(3) IS/IT Auditor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar